Drop Down

17 April 2016

Kreatif ! Yuk Bikin Mobil-mobilan dari Botol Plastik

Kreatif ! Yuk Bikin Mobil-mobilan dari Botol PlastikAnda bisa dengan mudah mengeluarkan beberapa rupiah untuk membeli mainan yang diinginkan anak. Tapi tentu ada kepuasan tersendiri jika anda membuatnya sendiri dan mengajarkan pada anak bagaimana cara membuatnya maupun cara kerjanya.
Nah, jika anda ingin membuat mainan mobil-mobilan sederhana berikut ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan.
Caranya cukup mudah, bahan-bahannya pun tersedia bahkan bisa menggunakan barang bekas.
Langkah-langkahnya ;
1. Ambil botol bekas minuman, lalu potong sepertiga bagian di beberapa cm di bawah leher botol. Kemudian buatlah baling-baling seperti tampak pada gambar di bawah ini ;
2. Ambil botol minuman lainnya dan satu sedotan plastik. Potong sedotan dengan lebar yang sama dengan ukuran botol lalu tempelkan menggunakan lem plastik seperti tampak pada gambar ini
3. Selanjutnya gunakan tutup botol untuk membuat roda. Tempelkan setiap roda pada ujung 'as'. Anda bisa menggunakan bekas tusuk sate atau bekas wadah tinta ballpoint atau bahan lainnya. Rekatkan roda dan as dengan menggunakan lem.
4. Kemudian carilah dinamo bekas sebagai motor penggerak. Bisa dari mainan lama yang sudah rusak, maupun dari bekas motor pada cd rom. Lalu rekatkan ujung dinamo pada baling-baling yang sudah dibuat.
5. 5. Langkah selanjutnya, rekatkan dinamo pada botol lainnya yang sudah diberi roda. Tempelkan di bagian ujung botol bagian belakang.
6. Buatlah kursi dengan cara lipat kertas yang agak tebal membentuk menyerupai kursi. Tempatkan ini pada botol utama yang sudah dipotong di bagian tengahnya.
7. Gunakan tempat tepat di bagian belakang kursi untuk menempelkan baterai 9 volt. Ujung batera menempel pada konektor dinamo sementara ujung lainnya ditahan oleh lipatan botol. Pastikan agar anda melipat botol tepat dengan ukuran panjang baterai.
8. Nah, sudah selesai. Silakan anda coba di waktu senggang anda bersama dengan buah hati tercinta.
Untuk lebih jelasnya, anda juga bisa menyimak melalui video berikut ini ;