Drop Down

09 Maret 2016

9 Tips Jitu untuk Menghadapi Ujian Nasional 2016!

shutterstock_222173560_800x533
Ujian Nasional 2016 sudah dekat, tinggal beberapa bulan lagi. Seperti biasa, Ujian Nasional digelar di akhir semester genap atau April sampai Mei. Kami yakin kalau kamu pasti sudah giat belajar. Tapi sesiapnya kamu, kamu pasti harap – harap cemas soal tingkat kesulitan Ujian Nasional 2016. Menurut kami, kamu memang layak khawatir.

Pertama kalinya soal disusun berdasarkan sistem irisan dua kurikulum

Beberapa sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013. Di seluruh Indonesia, kira – kira sudah ada sekitar 6% sekolah yang menerapan K-13. Sisanya masih menerapkan kurikulum 2006. Meski demikian, nanti tidak ada Ujian Nasional versi K-13 atau K-6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan,  ujian nasional tahun 2016 tetap dilaksanakan dalam satu konsep. Kemendikbud menjamin kalau keduanya akan tetap seimbang karena pembuatan soal Ujian Nasional 2016 dilakukan dengan melakukan irisan K-13 dan K-6.
Jangan cemas dulu Quipperian, kesiapan adalah senjata terbaik seorang pelajar. Jadi, apa yang kamu lakukan?  Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi Ujian Nasional.

 1. Jaga kesehatan

Tentu saja yang utama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika kamu sakit. Jaga pola makan dan berolahragalah secara teratur. Dengan sendirinya gairah belajar kamu akan meningkat.

 2. Melahap semua program belajar di sekolah

Sekolah akan memberikan try out, bimbingan, dan lain sebagainya. Ada baiknya kamu memanfaatkan program – program ini semaksimal mungkin. Dengan demikian, kamu sudah terbiasa mengerjakan sebelum menghadapi tes aslinya.

 3. Melatih soal-soal

Dari tahun ke tahun, yang namanya ujian nasional sama saja. Soalnya pun sebenarnya tidak jauh berbeda. Jadi, banyak-banyaklah berlatih soal di rumah. Banyak sumber yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan soal latihan. Misalnya dari buku kisi – kisi, atau secara online, misalnya dengan mendaftar di bimbingan – bimbingan belajar online seperti Quipper School.

 4. Belajar kelompok

Belajar sendiri mungkin membosankan. Maka mengajak beberapa orang mungkin bisa membuat suasana belajarmu lebih enjoy. Asal kamu tetap fokus dengan tujuan utamamu: belajar, bukannya nongkrong.

 5. Suasana belajar yang nyaman

Belajar mungkin akan jadi lebih ringan ketika kamu sedang dalam mood untuk belajar. Jadi, kamu perlu banget untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman buatmu. Misalnya belajar di kamar yang bersih, atau memancing sambil belajar logaritma.

 6. Berburu referensi materi ujian

Kamu pasti merasa lebih tenang waktu ujian jika kamu tahu kalau jauh-jauh hari sebelumnya kamu sudah mempersiapkan materi – materi ujian selengkap mungkin. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, kamu bisa berburu referensi materi pelajaran di perpustakaan sekolah, melalui online seperti di Quipper Video, belajar dari temanmu yang menguasai materi tersebut, dan rajin bertanya pada guru mapel yang bersangkutan.

 7. Review materi dulu sebelum masuk ke ruang ujian

Sekedar memancing ingatan, kamu bisa mulai baca-baca lagi setiap materi yang kamu punya agar nanti bisa lebih mudah dipanggil kembali di dalam ingatanmu saat kamu sedang fokus mengerjakan soal. Jadi, kamu perlu menyiapkan catatan singkat yang bisa kamu baca setiap saat.

 8. Hindari pengalihan

Perhatianmu akan teralihkan jika waktu belajar, Facebook-mu masih menyala. Ada baiknya semasa Ujian Nasional, kamu jauhi hal – hal lain yang bisa mengganggu konsentrasi belajar. Karena biar bagaimanapun, cara agar sukses ujian itu adalah dengan belajar, bukannya sibuk di Facebook atau sosial media kamu yang lain.

 9. Persiapkan alat sebaik mungkin

Beberapa sekolah mungkin sudah menggunakan CBT (computer based test). Tapi beberapa sekolah masih menerapkan paper based test. Jika sekolahmu salah satunya, maka seperti biasa, kamu harus menyiapkan pensil 2B yang standar dan mampu terbaca komputer, penghapus, dan alas kertas. Lagipula dalam peperangan menghadapi Ujian Nasional, alat tulis adalah senjatamu ketika berdiri di garis depan.


Nah Quipperian, kamu tidak perlu tertekan ketika menghadapi Ujian Nasional 2016. Prinsip dari ujian itu adalah materi yang diujikan harus pernah diajarkan kepada siswa. Artinya, semua pelajaran yang telah kamu terima selama inilah yang akan diujikan. Jadi kamu bisa mulai belajar dengan mengulang-ulang setiap materi yang sudah kamu terima. Apabila kamu kesulitan untuk menemukan materi apa yang harus kamu pelajari, kamu bisa berlangganan Quipper Video. Quipper Video adalah solusi e-learning berbasis video online untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UN dan SBMPTN sehingga belajar kamu jadi lebih efektif dan menyenangkan. Quipper Video memiliki konten lengkap dengan total 220 jam video, 1000 halaman topik belajar dan 4000 lebih soal latihan yang dibuat khusus untuk kebutuhanmu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi menghadapi Ujian Nasional 2016 kelak. Kamu sudah siap?
Sumber : https://video.quipper.com/id/blog/9-tips-jitu-untuk-menghadapi-ujian-nasional-2016/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar, masukan, dan supportnya.