Drop Down

28 Maret 2016

Indeks Integritas Sekolah Jelek Bakal Diumumkan

Aktivitas siswa di sekolah. (Dok. Okezone)JAKARTA – Pemerintah mengancam akan mengumumkan ke publik indeks integritas sekolah pada Ujian Nasional (UN) 2016 yang mendapat predikat jelek. Ancaman ini diserukan agar sekolah mengedepankan kejujuran.
Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, tahun ini sekolah yang indeks integritas sekolahnya jelek berdasarkan hasil UN maka indeksnya akan diumumkan ke publik.
"Kita sudah sampaikan bahwa tahun ini bisa saja indeks integritas sekolah bisa diumumkan. Biar orangtua siswa tahu apakah sekolah yang mendidik anaknya itu baik atau tidak," katanya ketika ditemui di ruang kerjanya di Kantor Kemendikbud, Senin (28/3/2016).
Nizam menjelaskan, tahun lalu indeks integritas diumumkan secara tertutup ke pemerintah provinsi dan daerah. Baik gubernur, bupati, wali kota, maupun dinas pendidikan menerima untuk menjadi bahan kajian kelembagaannya. Namun jika tahun ini sekolah yang indeks integritasnya menurun dari tahun lalu maka hasilnya akan diumumkan ke publik. Hal ini untuk dicamkan ke seluruh sekolah agar fokus ke integritas daripada mengejar nilai tinggi.
Ia menuturkan, tahun ini Kemendikbud memberikan piagam penghargaan ke 11 ribu sekolah yang indeks integritasnya tinggi. Maka bagi sekolah yang tidak menerima piagam penghargaan maka integritasnya harus dipermasalahkan. Dia menjelaskan, proses mengolah indeks ini membutuhkan waktu lama maka laporan indeks integritasnya bisa saja bukan diberikan kepada orangtua saat kelulusan.
Nizam mengungkapkan, jadwal UN SMA sendiri akan dimulai pada 4–6 April untuk ujian kertas dan ujian berbasis komputer pada 4–7 serta 11–12 April. Total siswa SMA yang akan mengikuti UN berbasis komputer dan kertas sebanyak 3.302.709 siswa.
"Kita tekankan jujur itu penting dan prestasi harus. Kita bangun generasi yang percaya pada hasil belajar dan juga proses bukan dari hasil yang instan," terangnya. (ira)

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/03/28/65/1347566/indeks-integritas-sekolah-jelek-bakal-diumumkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar, masukan, dan supportnya.