Drop Down

14 Mei 2019

13 Hikmah Menjalankan Puasa Ramadhan Dan Manfaatnya



Hikmah Menjalankan Puasa Ramadhan | Menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang telah baligh dan memenuhi syarat baik syrat syah ataupun syarat wajib. Dan barangsiapa tidak menjalankannya, maka hukumnya berdosa. Dan wajib menggantinya di lain waktu serta wajib juga untuk membayar fidyah. Ketentuan – ketentuan ini, sudah kita pelajari di pembahasan sebelumnya.
Allah swt memerintahkan sesuatu kepada hambanya bukan tanpa alasan, serta setiap yang diperintahkan pasti ada hikmah dan ada manfaatnya di balik itu semua. Begitupun kewajiban berpuasa di bulan ramadhan ada hikmah serta manfaatnya. Hal ini banyak di jelaskan di dalam Al-qur’an dan Hadist. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pembahasan di bawah ini.

Hikmah Menjalankan Puasa Ramadhan
Puasa ramadhan,dilakukan bukan hanya bertujuan untuk menahan lapar dn haus, akan tetapi dengan berpuasa ramadhan seseorang yang melakukan harus benar -benar mampu menahan dan mengendalikan hawa nafsunya. Serta harus menjalankan ibadah yang menjadi kewajibannya juga, seperti shalat, zakat, dzikir, membaca al-qur’an, membantu antar sesama dan berbuat baik kepada sesama apapun itu bentuknya. Dan tujuan utama dari melakukan puasa yaitu supaya orang tersebut dapat enjadi seseorang yang bertaqwa. Seperti yang dijelasakan Allah swt dalamQS. Al-Baqarah ayat 183 :

Dengan demikian, maka hikmah dan manfaat dari menjalankan puasa ramadhan bagi yang menjalankannya adalah:
1. Melatih diri Untuk menjadi pribadi yang Lebih tabah dan sabar
Di bulan ramadhan, seperti yang telah di bahas sebelumnya bahwasannya, kita menjalankan puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus. Akan tetapi dengan kita melakukan puasa ramadhan maka kita akan dilatih untuk terbiasa dapat menahan amarah, serta tidak berburuk sangka terhadap orang lain. Dan kita juga akan terbiasa untuk bersabar menghadapi sesuatu, tidak mudah untuk terpancing oleh omongan – omongan orang lain tentang diri kita.
Maka, dengan demikian kita dapat menjadi pribadi yang sabar dan tabah bukan hanya di bulan ramadhan, namun di bulan – bulan selanjutnya.
2. Tercapainya derajat ketaqwaan seseorang 
Dengan menjalankan ibadah puasa, maka seseorang akan menjalankan kebaikan – kebaikan seperti yang Allah swt perintahkan dan menjauhi semua larangan Allah swt. Dengan demikian, maka dengan menjalankan ibadah puasa maka seseorang mampu menjadi pribadi yang lebih bertaqwa lagi kepada Allah swt. Dan di bulan ramadhan juga, kita sebagai orang muslim yang menjalankan ibadah puasa akan merasa selalu di awasi oleh Allah swt, semangat untuk melakukan hal – hal yang diperintahkan oleh Allah swt serta lebih mendekatkan diri kepada Allah swt.
Maka dari itu, hikamah dari berpuasa ramadhan adalah menjadikan seseorang bertaqwa kepada Allah swt.
3. Melatih seseorang menjadi lebih menghargai waktu ( lebih disiplin ) 
Seseorang yang menjalankan puasa, maka hidupnya akan lebih teratur. Sebagai contoh kita yang tidak terbiasa bangun pagi, dengan menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan maka kita akan lebih teratur bangun pagi untuk menjalankan makan sahur. Dan bagi yang makannya tidak teratur dengan puasa makannya akan teratur yaitu ketika sahur dan berbuka puasa. Dengan terbiasanya bangun pagi, maka di bulan – bulan selanjutnya hidupnya akan teratur dan yang pasti tidak malas untuk bangun pagi.
4. Melatih seseorang menjadi lebih Bersyukur 
Disaat kita menjalankan ibadah puasa, kita hanya makan dua kali di saat berbuka puasa dan waktu sahur. Dengan demikian, maka kita akan lebih merasa bersyukur dengan apa yang kita makan  selama ini ketika kita tidak berpuasa. Dengan demikian rasa syukur itu akan muncul pada diri seseorang tersebut.
5. Menjadikan seseorang Lebih pedulli terhadap sesama 
Sesama muslim adalah saudara. Dan ikatan itu di bulan ramadhan sangat terjalin dengan erat. Hal ini dapat kita lihat dari beberapa contoh diantaranya adalah :
  • Memberi makan tajil untuk berbuka, secara cuma – cuma ( berbuka puasa gratis )
  • Shalat berjama’ah
  • Saling berbagi ilmu agama
Dan kebiasaan ini, akan terjalin dan terbiasa di bulan – bulan di luar bulan ramadhan.
6. Mempererat silaturahmi
Dengan kita menjalankan ibadah puasa, dan kita setiap malam menjalankan shalat tarawih secara berjama’ah dan mengaji di masjid. Maka dengan adanya kegiatan seperti itu setiap hari dan menjadikan setiap hari bertemu, maka yang awalnya tidak pernah bertemu menjadi bertemu yang biasanya tidak akrab menjadi akrab. Dan kebiasaan ini juga akan berlanjut di bulan – bulan di luar bulan ramadhan.
7. Semua hal yang dilakukan adalah ibadah 
Semua hal atau perbuatan baik bernilai ibadah. Apalagi di bulan ramadhan, bulan dimana pahala kita dilipatgandakan. Dengan membiasakan diri dbulan ramadhan untuk berbuat baik, maka kita akan terbiasa di hari – hari di bulan di luar bulan ramadhan.
8. Membiasakan diri untuk berhati – hati dalam berbuat 
Dengan menjalankan ibadah puasa, maka kita akan menghidari hal – hal yang dapat mengurangi pahala puasa kita yaitu dengan menjaga lisan, perbuatan dan hati. Dengan demikian setelah kita membiasakan diri berbuat baik di bulan ramadhan, kita akan terbiasa serta akan berhati – hati dalam bertindak. Karena ingat bahwa Allah swt mengetahui semua hal yang kita kerjakan.
9. Melatih diri untuk Hidup sederhana
Ketika kita makan di waktu berbuka, pasti kita akan merasakan betapa nikmatnya berbuka puasa tersebut walaupun berbuka hanya dengan air putih dan sesuap nasi. Dengan merasakan hal itu, pasti kita akan sadar dan kita akan lebih menghargai makanan serta akan melatih diri kita untuk lebih sederhana dalam hidup. Karena sesungguhnya Allah swt tidak menyukai dengan hal yang berlebihan. Dan lebih menyukai hal yang sederhana.
10. Menunjukkan Keseimbangan Hidup
Berpuasa, adalah bentuk ibadah seorang hamba kepada Allah swt. Dan sesungguhnya Ibadah adalah kewajiban kita sebagai manusia sebagi seorang hamba Allah swt. Dengan menjalankan puasa di bulan ramadhan, maka kita telah menjalankan kewajiban untuk bekal kelak di akhirat.
Serta keseimbangan hidup kita yaitu kebutuhan dunia dan akhirat, dengan kata lain dengan berpuasa maka kita telah menjalankan kebutuhan akhirat dan sejenak meninggalkan kebutuhan dunia. Karena kebutuhan dunia jika akan diikuti bakal tidak ada ujungnya atau dengan kata lain kepuasan dari diri manusia tidak ada ujungnya. Namun yang perlu diingat kepentingan dunia dan akhirat harus seimbang.
11. Setiap ibadah, memiliki tujuan 
Semua hal yang kita lakukan, pasti memiliki tujuan dan maksud. Begitupun dengan ibadah puasa, kita menjalankan ibadah puasa dengan tujuan untuk melatih diri supaya tidak melakukan perbuatan – perbuatan yang dilarang oleh Allah swt. Serta melatih diri untuk lebih bertaqwa kepada Allah swt.
12. Menjadi pribadi yang lebih baik
Ketika menjalankan ibadah puasa, kita harus menghindari perbuatan – perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa. Siapa sih yang menginginkan pahala puasa kita berkurang  dan hanya mendapat rasa lapar dan haus. Tentu tidak bukan ? Maka kita harus dapat mengontrol emosi, serta perbuatan – perbutan yang buruk.
Dan seharusnya, walaupun kita telah tidak berada di bulan ramadhan hendaknya kebaikan – kebaikan yang dilakukan di bulan ramadhan tetap berlanjut di bulan selanjutnya. Dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik.
13. Hikmah puasa dalam bidang kesehatan 
Selain secara syar’i, puasa juga memiliki hikmah di bidang kesehatan. Hikmah atau manfaat yang dapat di dapat di bidang kesehatan antara lain yaitu :
  • Mengurangi tekanan darah
  • Mengurangi kadar diabetes
  • Mengurangi berat badan
  • Mengurangi resiko stuk
  • Sebagai obat magh
Namun, walaupun berpuasa dapat bermanfaat dalam kesehatan kita harus mengutamakan hikmah yang paling utama yaitu hikmah secara syar’i atau seperti yang telah dijelaskan nomor 1 sampai dengan 12.
Subhanallah....Begitu banyak hikmah dari menjalankan ibadah puasa ramadhan. Jadi, masa iya kita akan menyianyiakan kesempatan emas untuk mendapat pahala serta mendapat tubuh yang sehat. Tentu tidak bukan ? atau adakah yang masih bermalas – malasan untuk tidak mengerjakan puasa ramadhan serta kewajiban yang lain ? Jika masih ada, berarti anda menginginkan menjadi orang yang rugi.
Semoga dengan penjelasan di atas mengenai hikmah menjalankan puasa ramadhan dan manfaatnya, kita dalam menjalankan ibadah puasa di tahun ini menjadi pribadi yang lebih baik serta menjadi muslim yang berada dalam lindungan Allah swt serta mendapat keberkahan dariNya. Dan semoga dengan penjelasan di atas kita akan lebih semangat lagi dalam menjalankan ibadah puasa. Amin


Sumber : http://warohmah.com/hikmah-menjalankan-puasa-ramadhan/